• Patereman Modung Bangkalan 69166 Madura Jawa Timur Indonesia
  • +62 852 5777 3333, 08193 8108 222
  • Senin - Sabtu: 7:00 Wib - 16:00 Wib

Our Blog

Pengenalan Sistem Akademik STEBI Al-Anwar Bagi Mahasiswa Baru

STEBI aL-aNWAR__Stadium General bagi Mahasiswa Baru STEBIA Bangkalan ini mengangkat topik; “Pengenalan Manajemen dan Sistem Akademik Kampus” yang dilaksanakan pada 15 September 2020. Acara ini diisi oleh Ketua STEBIA Dr. Dian Berkah, S.H.I., M.H, Waka II Agus Salim, dan Operator Kampus Moh. Syafii yang disambut dengan antusias mahasiswa baru Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah STEBIA.

Sistem Informasi Akademik mrupakan sistem yang dirancang untuk keperluan pengelolaan data-data akademik dengan penerapan teknologi komputer baik hardware maupun software sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen Sekolah Tinggi dan pengambilan keputusan-keputusan bagi pengambil keputusan atau top manajemen di lingkungan STEBIA.

Pengenalan sistem ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif kepada komunitasnya, baik di dalam maupun diluar perguruan tinggi tersebut melalui internet. Berbagai kebutuhan dalam bidang pendidikan maupun peraturan yang melingkupinya sedemikian tinggi, sehingga pengelolaan akademik suatu lembaga pendidikan menjadi pekerjaan yang sangat menguras waktu, tenaga dan pikiran. Oleh sebab itu, sistem informasi akademik dibangun untuk menjawab secara langsung masalah maupun kebutuhan Sekolah Tinggi terhadap pengelolaan akademik tersebut secara cepat dan tidak melelahkan.

Hal yang disampaikan oleh pemateri mengenai pengolahan data di antaranya saringan ujian masuk calon mahasiswa, pengumuman hasil calon mahasiswa yang lulus, proses pendaftaran ulang, baik bagi calon mahasiswa baru maupun mahasiswa yang sudah lama, dan informasi nilai yang bisa dilihat secara online. Hal tersebut merupakan salah satu proses interaksi antara bagian internal Sekolah Tinggi ataupun lembaga pendidikan yang mengolah data dengan proses serta prosedur-prosedur tertentu, dengan user yang dalam hal ini adalah mahasiswa.

Dengan adanya suatu sistem, diharapkan pengolahan data antara user dan bagian sistem akademik yang menerima inputan dari mahasiswa serta transaksi kegiatan perkuliahan dan kegiatan administrasi antara mahasiswa dan perguruan tinggi tersebut dapat berlangsung dengan baik.

Berita Terkait